Apakah Arti Khusyu' Dalam Shalat Dan Bagaimana Cara Mencapainya?

Tuntunan Agama Islam



Arti Khusyu' Dalam Shalat Dan Cara Mencapainya

 

 


Tuntunan Agama Islam - Khusyu' dalam shalat merupakan salah satu tanda orang yang berimân kepada Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Mu'minûn ayat 1 dan 2:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ، الَّذِيْنَ هُمْ فِي صَلاَتِهِمْ خَاشِعُوْنَ             
Arinya:
"Sungguh berbahagialah orang-orang yang berimân. (Yaitu) orang-orang yang khusyû dalam shalatnya".

Ayat ini secara tegas menyatakan, betapa berbahagianya orang-orang yang beriman, yaitu mereka yang melaksanakan shalat dengan khusyû'. Namun sayang, masih banyak di antara kaum Muslimîn yang belum memahami arti khusyû' dan bagaimana upaya untuk bisa meraihnya.

Baik. Kita coba kupas...

Khusyû' (خُُُشُوْع)  berasal dari kata Khasya'a ( خَشَع  ) yang artinya dari segi bahasa:

َتَطَأَمَنَ وَ ذَلَّ وَ خَضَعَ           
Artinya :
"Tunduk, merendah dan menyerah".

Namun, yang dimaksud di sini bukan arti secara lahiriyah, akan tetapi tunduk, merendah dan menyerah secara bathiniyyah; yaitu tunduk, merendah dan menyerahnya hati atau qalbu. Kenapa? Karena khusyû' itu tempatnya di dalam hati, sebagaimana ditegaskan oleh Al-Imâm Al-Qurthubî:

وَ الْخُشُوْعُ مَحْلُهُ الْقَلْبِ           
Artinya :
"Adapun khusyû' tempatnya di dalam hati".
(Tafsîr Al-Qurthubî jilid VI hal. 414)

Jadi, shalat yang khusyû' adalah shalat yang dilakukan penghayatan yaitu dengan menghadirkan hati yang tunduk, merendah dan menyerah sepenuhnya kepada Allâh. Dan ini tidak mungkin dicapai kecuali dengan memahami arti dari bacaan yang dibaca dalam shalat dan juga dengan pelaksanaan shalat yang sesuai dengan tuntunan Sunnah Rasûlullâh saw. Untuk itu seorang muslim/muslimah harus benar-benar serius mempelajari tata-cara shalat Rasûlullâh saw. melalui hadits-hadits yang shahîh atau kitab-kitab yang memang  membahas soal tersebut dengan cermat.
Akan tetapi perlu diketahui, meskipun seseorang sudah mengerti arti bacaan-bacaan yang dibaca dalam shalat dan juga sudah berupaya melaksanakannya sesuai dengan petunjuk Rasûlullâh saw., namun tetap sulit untuk mencapai ke-khusyû'an yang sempurna, karena syatihân terus menerus mengganggunya ketika ia shalat, sebagaimana disebutkan oleh Rasûlullâh saw.:

َحَتَّى إِذَا قُضِيَ التَّثْوِيْبُ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطُرُ  بَيْنَ الْمَرْءِ وَ نَفْسِهِ  يَقُوْلُ  لَهُ:أذْكُرْ كَذَا وَ اذْكُرْ كَذاَ لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ مِنْ قَبْلُ ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ  مَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى                                                                            
Artinya :
"...Sehingga ketika selesai qamat, syaithân pun datang lagi, kemudian ia membisik-bisikkan kepada seseorang -- yang sedang shalat -- , yaitu ke dalam hatinya. Syaithân berkata kepada orang itu: "Ingatlah ini, ingatlah itu".  -- Dibisikkannya -- apa saja yang tidak diingat orang itu sebelumnya, sehingga orang itu tidak tahu lagi sudah berapa raka'at shalatnya".
(H.R. Muslim. Lihat Syarah Muslim juz IV hal. 91)

            Kita semua tentu sering mengalami hal seperti ini, yaitu kita lupa sudah berapa raka'atkah shalat yang kita kerjakan. Ini membuktikan adanya gangguan syaithân sebagaimana disebutkan oleh hadits di atas. Jadi bagaimana meraih khusyû' dalam shalat?

            Sebagian orang mengatakan, bahwa khusyû' dalam shalat hanya bisa diraih oleh orang-orang yang memiliki hati yang khusyû' di luar shalat; yaitu hati yang yakin akan berjumpa dengan Allâh dan akan kembali kepada-Nya, sebaimana firman Allâh:

الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ أَنَّهُمْ مُلاَقُوْا  رَبِّهِمْ وَ أَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ              
Artinya :
"(Yaitu) orang-orang yang yakin sesungguhnya mereka akan berjumpa dengan Rabb  mereka, dan sesungguhnya mereka akan kembali kepada-Nya".
(Surah Al-Baqarah (2):45)

Al-Imâm Ibnu Katsîr berkata dalam "Tafsîrnya" tentang mereka yang disebut dalam ayat ini:
"Mereka mengerti, bahwa mereka akan dikumpulkan pada hari qiyamat, dan semua persoalan mereka akan dikembalikan kepada kehendak Allâh, dan Dia akan memberi keputusan sesuai dengan keadilan-Nya. Jadi, apabila manusia telah meyakini akan hari qiyamat sebagai hari pembalasan, akan mudahlah bagi mereka melaksanakan keta'atan -- kepada Allâh -- dan meninggalkan semua perbuatan munkar (kemunkaran)".

            Mereka yang seperti inilah yang dapat meraih ke-khusyû'an dalam shalatnya. Jadi, orang yang hatinya masih setengah-setengah keyakinannya pada akhirat, apalagi masih sangat cenderung terhadap kehidupan dunia, sulitlah baginya untuk meraih ke-khusyû'an dalam shalat.
(Wallâhu A'lam)

Komentar

  1. Terimakasih,,,sangat membantu

    BalasHapus
  2. Terimakasih,,,sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terima kasih sangat dan membantu

    BalasHapus
  4. Sudah saatnya kita MEMBACA, bukan MELAFAL... :)

    BalasHapus
  5. Terima kasih, mudah²an bermanfa'at.

    BalasHapus
  6. terimakasih atas penjelasannya, semoga selalu istiqamah dalam memberikan ilmu2 yang bermanfaat.

    BalasHapus
  7. terimakasih atas penjelasannya, semoga selalu istiqamah dalam memberikan ilmu2 yang bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar